KonsulTarot bersama Madame Tarot

Layanan konsultasi Tarot secara pribadi dan privat melalui email. Mudah, murah, kerahasiaan terjamin, tak terkendala jarak dan waktu, dan bermanfaat membantu Anda memecahkan masalah

  • Blog Stats

    • 45,534 hits
  • December 2016
    M T W T F S S
    « Nov    
     1234
    567891011
    12131415161718
    19202122232425
    262728293031  

INTUISI vs Makna Standar

INTUISI vs Standar Makna

(Dua Kutub Cara Pembacaan Kartu Tarot)

Secara umum, kaum pembaca Tarot terbagi pada dua golongan besar, yaitu yang lebih suka untuk membaca tebaran kartu tarot sesuai dengan makna standar yang sudah ditentukan berabad-abad, dan yang lebih suka memakai intuisi bebas. Kubu pembaca tarot dengan makna standar menganggap bahwa pembacaan mereka lebih bisa dipertanggungjawabkan dan bersifat reguler. Artinya seorang yang diramal akan lebih terjamin mendapatkan pembacaan yang terjaga ketepatannya satu dengan yang lain. Kaum ini menganggap bahwa kelompok pembaca intuitif kadang bersikap ngawur, menabrak batas-batas yang telah ditentukan tradisi, dan kurang mau untuk belajar mengingat arti-arti standar kartu.

Di sisi kubu lain, kelompok pembaca intuitif menganggap bahwa ramalan mereka lebih sesuai dengan kenyataan, karena mereka menganggap dirinya berbicara dituntun oleh kartu-kartu yang hadir. mereka menganggap bahwa hubungan antara suatu deck kartu dengan pembaca tarot bersifat intim dan personal. mereka juga berpendapat bahwa suatu pembacaan kartu juga bersifat unik, kontekstual, dan tak bisa disamakan satu peristiwa dengan yang lainnya. Kelompok ini menganggap bahwa para pembaca kartu yang strict menggunakan makna rigid, bersifat kaku, mekanik, kurang memiliki sentuhan personal pada kartu maupun klien, dan tak bisa benar-benar meramal.

Kedua kutub ini sebenarnya tidak benar-benar bertengkar, karena kecenderungan umum para pembaca dan peramal tarot adalah kelompok yang gemar akan kedamaian. namun demikian, tidak berarti bahwa realitas persaingan itu menjadi hilang. kadangkala saat dua peramal tarot bertemu dan saling bertukar pendapat mengenai teknik membaca tarot mereka, persoalan ini terungkap.

Saat ini tersedia sedemikian banyak buku-buku yang secara serius dan khusus membahas tentang makna-makna kartu. Semua peramal tarot maupun orang yang hendak belajar mengenai tarot, semestinya membaca dan mempelajari buku-buklu tersebut. meskipun kita memilih untuk menjadi seorang peramal yang lebih mementingkan intuisi, namun bagaimanapun juga ada batasan-batasan yang tidak boleh kita terabas saat membaca suatu kartu. Misalkan saja saat mendapatkan suatu kartu yang secara gamblang di buku-buku jelas bermakna positif, jangan sampai kita kemudian merubahkna menjadi makna negatif. Sikap tahu batas seperti  ini penting sekali dilakukan oleh seorang pembaca tarot, karena sangat sering terjadi, klien kita juga orang yang memahami arti-arti kartu tarot.

Kadangkala memang ada peramal kartu yang kurang mau belajar tentang arti-arti kartu, sekaligus juga memiliki intuisi dfan kemampuan spiritual yang lemah. Akibatnya mereka membaca tebaran kartu tarot secara ngawur. Mereka cenderung memanipulasi kondisi psikologis klien mereka, dan sering memberi harapan-harapan palsu. lebih jauh lagi, hal ini kadang dipakai sebagai pembuka modus penipuan. Kelompok inilah yang merupakan duri dalam daging dalam komunitas pembaca tarot, baik yang suka membaca makna secara rigid maupun yang intuitif.

Saran saya adalah jelas. Kita perlu melatih kemampuan intuisi kita, namun kita juga harus tahu makna-makna dasar dari setiap kartu. Deck-deck kartu modern umumnya sudah memberikan siratan makna, berupa gambar-gambar dan simbol-simbol yang memiliki makna jelas. Seorang yang memiliki kecerdasan normal dan memiliki kondisi psikologis yang baik, dipastikan akan memahami nuansa rasa dan arti dari gambar tersebut. Jadi, tidak berarti bahwa kita harus memilih antara menjadi intuitif saja, atau menjadi ensiklopedi makna tarot saja. Peramal tarot perlu menjadi orang yang lengkap, yang tahu makna, dan memiliki kemampuan intuitif yang baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: